Sistem Keamanan Bank

   Kasus kriminal di dunia perbankan kembali mengemuka. Terkait banyaknya tindak kejahatan, Bank Indonesia (BI) dan bank lainnya sempat melakukan beberapa tindakan. Di antaranya memperketat rekruitmen pegawai bank, dan melengkapi sistem keamanan kartu kredit atau ATM dengan PIN. Tapi sepanjang sejarah, pelaku kejahatan selalu selangkah lebih maju. 

    Para peretas telah menemukan cara menghadapi generasi terbaru perangkat keamanan perbankan online yang dimiliki bank. Setelah masuk ke situs nyata bank, pemegang rekening sebenarnya sedang ditipu tawaran pelatihan dalam ‘upgrade sistem keamanan’ baru ini.

    Uang nasabah kemudian berpindah dari akun nasabah ke peretas. Parahnya, proses ini tersembunyi dari pengguna. Para ahli mengatakan, nasabah sebaiknya mengikuti aturan resmi bank untuk menggunakan antivirus terbaru dan berwaspada.
Perangkat seperti PINSentry dari Barclays dan SecureKey dari HSBC yang memiliki bentuk menyerupai kalkulator akan meminta pengguna memasukkan kartu atau kode untuk membuat kunci unik setiap kali masuk rekening dan hanya berlaku selama 30 detik kemudian kunci unik ini tak lagi bisa digunakan.

    Metode ini membawa keamanan banking ke tingkat baru dalam menghadapi pencurian password. Tambahan pertahanan keamanan pun disediakan termasuk jika pengguna komputer itu sedang dibajak informasi passwordnya. Metode ini masih menawarkan tingkat perlindungan terbaik terhadap penipuan perbankan online.

    Meski perangkat chip dan pin menyulitkan pekerjaan peretas, para peretas sendiri telah meningkatkan permainan mereka. Kini, sebuah tes yang disaksikan BBC menunjukkan, bahkan dengan anti-virus terbaru sekalipun, ancaman masih ada.

    Tak ada risiko khusus untuk bank maupun individu. Dalam pengujian ini, sebagian besar software keamanan web yang berada dalam pengaturan standar tak melihat hal mencurigakan terhadap malware tak terlihat yang diciptakan di laboratorium pengujian software.

   Ancaman ini tak akan menyerang pengguna hingga pengguna itu mengunjungi situs tertentu. Ancaman ini dikenal serangan Man in the Browser (MitB), malware yang ada di browser, di antara pengguna dan situs web yang mengubah apa yang terlihat dan mengubah rincian dari apa yang dimasukkan.

   Beberapa versi MitB akan mengubah rincian pembayaran dan jumlah pembayaran serta mengubah saldo di layar untuk menyembunyikan aktivitasnya. Melalui perangkat keamanan tambahan, risiko penipuan hanya muncul untuk satu transaksi dan hanya jika pelanggan jatuh pada tipuan ‘coba-coba.

   Tiap kali update baru malware dilepaskan, butuh beberapa pekan bagi perusahaan keamanan untuk mempelajari cara menemukannya serta mengetahui fitur umumnya.  
Namun ada satu perusahaan keamanan swasta mengaku, jika ancaman ini datang dari sumber yang tak diketahui keamanannya dan mulai berkomunikasi dengan alamat web yang tak ada dalam daftar hitam situs, virus ini berarti telah mengalahkan perlindungan yang ada.

    Banyak pembuat produk mengatakan melalui tesnya, hal ini tidak sah karena hanya diuji pada satu bagian dari perlindungan mereka. Mereka menunjukkan, secar terus menerus, pembuat produk keamanan, mencari dan membuat daftar situs, email dan sumber malware berbahaya.
Sebagian besar produk komputer yang paling aman akan memblokir jenis ancaman ini jika pengaturan keamanan diposisikan ke titik maksimum. Di sisi lain, tindakan ini akan memblokir program yang sah juga.

   Yang lebih membuat nasabah merasa tidak nyaman, kejahatan itu hampir selalu melibatkan orang dalam perbankan. Jika sudah demikian, sulit bagi nasabah untuk memberi kepercayaan penuh kepada perbankan. Nasabah berada pada posisi yang lemah untuk melindungi hartanya. Untuk itu tak ada kata lain bagi perbankan untuk selalu memperbarui sistem keamanannya secara berkala.

   Tidak lagi menunggu terjadi kejahatan baru bertindak, tapi melakukan tindakan preventif untuk melindungi uang nasabah. Di sisi lain, nasabah juga harus selalu waspada. Jangan terbujuk rayu oleh iming-iming hadiah dari bank. Cara yang aman adalah selalu mengecek jumlah rekening di bank dan memantau setiap perkembangannya.

   Sistem perbankan sebenarnya sudah cukup kuat untuk mencegah terjadinya pembobolan oleh kalangan internal bank. Tapi, faktanya, memang tidak bisa menjamin 100 persen. Beberapa kasus pembobolan bank disebabkan lemahnya pengawasan perbankan.  Sebenarnya, data perbankan menunjukkan kejahatan perbankan melalui saluran elektronik mencapai 60 persen dan sisanya didominasi kejahatan pada pembobolan, pemalsuan deposito, transaksi fiktif, cek palsu, vandalisme, atau merusak mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

    Bank sebagai lembaga keuangan memang memiliki kemampuan untuk mendistribusikan dana dari masyarakat ke berbagai jenis aset, seperti kredit dan investasi pada aset-aset keuangan di pasar keuangan (saham, komoditas, dan valas). Secara ideal, seharusnya bank memiliki proporsi investasi kredit lebih besar dibandingkan dengan investasi pada pasar keuangan.

Dalam kasus lain, nasabah menjadi korban karena data mereka yang semestinya bersifat rahasia ternyata beredar di mana-mana dan memunculkan sinyalemen terjadinya jual beli data di antara pelaku perbankan. Di sinilah pentingnya menata kembali sistem keamanan perbankan.

Source :

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2011/04/08/28009/menata_ulang_sistem_keamanan_perbankan/#.T4jk4NW8GSo

www.inilah.com

posted under |

2 komentar:

Zar Kwariza mengatakan...

informasi yg bermanfaat

Anonim mengatakan...

Mantap juga nih

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Name*


Message*

Welcome To Basil

My Instagram

Facebook

Recent Posts

A Theme For

    Blogger Friends


Recent Comments